Batasan Bercanda Dalam Islam

Sunnah Rasulallah mengajarkan kepada kita bahwa Beliau sendiri terus-menerus terlihat tersenyum, karena tersenyum ketika bertemu saudara kit...


Sunnah Rasulallah mengajarkan kepada kita bahwa Beliau sendiri terus-menerus terlihat tersenyum, karena tersenyum ketika bertemu saudara kita adalah amal. Ini adalah contoh yang baik dalam kehidupannya.

Namun bagaimana Rasulallah menilai lelucon dan bercanda?

Al Quran tidak melarang tertawa, dan ada banyak contoh dalam literatur Islam yang memberikan penjelasan mengenai kemudahan dalam Islam.

“dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis.” (QS An Najm: 43)

Bilal bin Sa’ad mengatakan: “Saya melihat mereka (sahabat yang) bercanda berpura-pura untuk memperebutkan beberapa barang, dan tertawa satu sama lain, tetapi ketika malam datang mereka seperti umat yang khusyu’”.

Ibnu Umar ditanya: “Apakah sahabat itu tertawa?”

Dia mengatakan: “Ya, dan iman dalam hati mereka itu seperti gunung.”

“Sahabat memang melempar buah melon satu sama lain, tetapi ketika kondisinya harus serius, mereka adalah orang yang benar.”

Nabi Muhammad mengingatkannya bahwa lelucon dan tertawa adalah hal baik untuk didengar.

Salah satu sahabat, seorang pria bernama Handhala berpikir bahwa kehidupan seharusnya menjadi kaku dan serius sepanjang waktu, benar-benar bebas dari kesenangan dan hiburan. Dia bahkan berpikir ia akan menjadi munafik jika ia bermain-main atau tertawa. Nabi Muhammad mengingatkan dia bahwa bercanda dan tertawa itu baik untuk jantung, ia berkata:

“Tapi Handhala, segarkan hatimu setiap saat.”

Nabi Muhammad akan bercanda dengan teman-teman dan para sahabatnya dan pernah ditanya:

“Wahai Rasulullah, apakah Anda bercanda dengan kami?”

Dia menjawab: “Saya hanya mengatakan apa yang benar.” (At-Tirmidzi, 1990)

Dengan demikian kita tahu bahwa dalam islam humor yang diperbolehkan adalah humor yang tidak melampaui batas-batas kebenaran, dan bertujuan untuk penyegaran hati dan pikiran. Berikut ini adalah batasan humor yang bisa anda lakukan guna mencerahkan suasana hati, tetapi juga dapat diterima secara Islam.

Jika kita dihargai untuk senyum sederhana, bercanda untuk menciptakan cinta antara Muslim, atau untuk menarik orang untuk belajar lebih banyak tentang Islam, hal ini bisa dihargai.

Batasan Bercanda Dalam Islam:

1. Dilarang bercanda atau mengejek mengenai agama

Ini merupakan tindakan yang membatalkan Islam seseorang. Ini adalah suatu hal yang sangat serius.

وَلَٮِٕن سَأَلۡتَهُمۡ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا ڪُنَّا نَخُوضُ وَنَلۡعَبُ‌ۚ قُلۡ أَبِٱللَّهِ وَءَايَـٰتِهِۦ وَرَسُولِهِۦ كُنتُمۡ تَسۡتَہۡزِءُونَ (٦٥) لَا تَعۡتَذِرُواْ قَدۡ كَفَرۡتُم بَعۡدَ إِيمَـٰنِكُمۡ‌ۚ إِن نَّعۡفُ عَن طَآٮِٕفَةٍ۬ مِّنكُمۡ نُعَذِّبۡ طَآٮِٕفَةَۢ بِأَنَّہُمۡ ڪَانُواْ مُجۡرِمِينَ (٦٦

Dan jika kamu tanyakan kepada mereka, niscaya mereka akan manjawab, “Sesungguhnya kami hanya bercanda dan bermain-main saja.” Katakanlah, “Mengapa kepada Allah, dan ayat-ayat-Nya serta Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” Tidak perlu kamu meminta maaf, karena kamu telah kafir setelah beriman. (QS At Taubah 65-66)

”Sesungguhnya ada seorang hamba yang mengucapkan suatu perkataan yang tidak dipikirkan apa dampak-dampaknya akan membuatnya terjerumus ke dalam neraka yang dalamnya lebih jauh dari jarak timur dengan barat” (HR Al Bukhari 6477)

2. Bercanda hanya tentang Hal-hal yang benar

Jika anda bercanda dengan melibatkan kebohongan itu tidak diperbolehkan.

“Celakalah orang yang berbohong agar orang lain tertawa, celakalah dia, celakalah dia.” (HR Tirmidzi. 2315)

3. Jangan Menakut-Nakuti Orang dengan Candaan Anda

Suatu saat dalam bepergian, salah satu sahabat yang tertidur, yang lain punya beberapa tali dan mengikatnya. Pria itu terbangun dan ketakutan sehingga Nabi Muhammad berkata, “Hal ini tidak diperbolehkan bagi seorang Muslim untuk menakut-nakuti Muslim yang lain ‘. (HR Abu Dawud, 5004)

4. Jangan Menghina Orang

Seseorang harus berhati-hati supaya lelucon dan komentar anda tidak menyakiti perasaan orang lain atau menyakiti mereka dengan cara apapun.

Orang-orang berbeda dalam kemampuan mereka untuk memahami atau “memaknai lelucon”. Berhati-hatilah bahwa Anda tidak main-main membuat orang lain merasa jelek, sakit hati atau dikhianati.

Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (QS 49:11)


COMMENTS

tes123
tes atas
tes bawah
Name

Aa Gym AHER Ahmad Dzakirin ALEG PKS Anis Matta Arifin Ilham Asma Nadia Azzam Mujahid Izzulhaq Budi Hidayat CATATAN CATATAN Arya CATATAN DAKWAH Catatan Erdin CATATAN PKS DAERAH Dunia Islam ERDOGAN Fahri Hamzah Harokah Wa Da'wah Hasmi Bachtiar Henry HIKMAH Inspirasi Internasional Irwan Prayitno Jamil Azzaini KAMPUNG PULO Ke-Umatan KELUARGA KESEHATAN KISAH Kolom Musyafa Ahmad Rahim Motivasi Corner motor sport Mualaf Story MUNAS 4 PKS Nandang Burhanudin PILIHAN PILKADA PKS BERKHIDMAT PRABOWO rag RAGAM Ramadhan - Idul Fitri RIDWAN KAMIL ROHINGYA Salim A. Fillah Salim Segaf SEPUTAR PKS SEPUTAR RAMADHAN Sohibul Iman SYARI'AH Tarikh TATSQIF Taujihat TERORISME TOLIKARA Turki Zulfi Akmal
false
ltr
item
YAMAHA TJAHAJA BARU SUMATERA BARAT: Batasan Bercanda Dalam Islam
Batasan Bercanda Dalam Islam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilkbL4iFIuJ7368SczpgNHGycuDOoWneRyeWIlCM1jSngTR9K4Z9EdRD6KMup_-m1I_3Nd0F08feibI0W2LktD8gzfg4J2FqL7t5aydBQe4dwp5s2icUF2PTBb7yEI2zKrr9vT-3vpPu6L/s1600/222.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilkbL4iFIuJ7368SczpgNHGycuDOoWneRyeWIlCM1jSngTR9K4Z9EdRD6KMup_-m1I_3Nd0F08feibI0W2LktD8gzfg4J2FqL7t5aydBQe4dwp5s2icUF2PTBb7yEI2zKrr9vT-3vpPu6L/s72-c/222.jpg
YAMAHA TJAHAJA BARU SUMATERA BARAT
http://motoridex.blogspot.com/2015/09/batasan-bercanda-dalam-islam.html
http://motoridex.blogspot.com/
http://motoridex.blogspot.com/
http://motoridex.blogspot.com/2015/09/batasan-bercanda-dalam-islam.html
true
3639193677329645830
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy